Monday, April 4, 2016

Hama Pada Tanaman Kopi dan Cara Pengendaliannya

Apa sajakah hama yang menyerang tanaman kopi? Bagaimana pula cara pengendaliannya yang tepat? Dalam rangka memperoleh hasil yang maksimal dari budidaya kopi, pengendalian terhadap hama mutlak harus dikerjakan. Tanaman kopi yang bebas dari hama tentu memiliki tingkat pertumbuhan yang baik serta daya produktifitasnya pun tinggi.
hama-pada-tanaman-kopi.jpg
Setidaknya terdapat lima macam hama yang biasanya merusak tanaman-tanaman kopi, di antaranya :

1. Penggerek Buah
Hama penggerek buah kopi (Hypothenemus hampei) atau dikenal juga sebagai hama BBK (Bubuk Buah Kopi) tergolong ke dalam keluarga Scolytdae di ordo Coleoptera. Hama ini suka menyerang tanaman kopi serta membuat sarang dan berkembang biak di dalamnya. Untuk sampai ke tumbuhan yang diserang, serangga ini biasanya masuk melalui ujung buah dan biji kopi, baik yang masih berada di pohon maupun yang sudah jatuh ke permukaan tanah.

Pengendalian hama BBK dapat dilakukan apabila intensitas serangannya melebihi 10 persen dengan menerapkan sanitasi kebun yakni mengatur naungan supaya lingkungan kebun tidak terlalu gelap. Bisa juga dengan memanfaatkan parasitoid Cephalonomia stephanodris dan jamur Beauveria basiana. Opsi lainnya adalah memilih bibit kopi yang dapat matang secara serempak misalnya USDA 762, BP 234, dan BP 409.

2. Kutu Dompolan
Kutu dompolan ialah sebutan lain dari kutu putih Planococcus citri. Untuk mengatasi hama ini, caranya bisa dilaksanakan dengan mengatur naungan sedemikian rupa sehingga area pertanaman tidak terlalu gelap. Di samping itu, pengendalian terhadap kutu dompolan juga dapat melalui metode kimia dengan menyemprotkan insektisida propoksur seperti poxindo 50 WP.

3. Kutu Hijau dan Kutu Coklat
Kutu hijau (Coccus viridis) dan kutu coklat (Saesetia coffeae) sama-sama merupakan hama yang sering pula merusak tanaman kopi. Teknik pengendalian terhadap kedua hama ini dapat dikerjakan dengan memelihara dan merawat tumbuhan-tumbuhan kopi secara intensif. Pemupukan juga perlu dilakukan dengan berimbang sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Sedangkan cara kimiawinya bisa memakai tepung Karbaril atau Sividol, serta memanfaatkan insektisida Anthio 330n EC.

4. Penggerek Cabang
Yang termasuk hama penggerek cabang pohon kopi yaitu Xylosandrus spp. Hama tersebut bisa ditangani dengan melakukan pembersihan kebun secara rutin sehingga rantai perkembangbiakannya akan terganggu. Metode pengendalian yang tepat di antaranya meliputi pemotongan cabang tanaman yang sudah terserang, pemangkasan terhadap cabang, dan pembakaran ranting-ranting tanaman kopi.

5. Penggerek Batang Merah
Zeuzera coffeae adalah organisme yang kerap ditemukan sebagai penggerek batang merah dari tumbuhan kopi. Secara efektif, pengendalian hama Zaeuzera coffeae ini bisa dilakukan dengan metode kimiawi dan biologis. Contohnya seperti memotong batang tanaman yang telah rusak dan membakarnya, serta menyemprotkan insektisida yang sesuai.

Terkait Budidaya Lihat Juga

Hama Pada Tanaman Kopi dan Cara Pengendaliannya
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email