Wednesday, May 25, 2016

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman yang dihindari karena dapat menyebabkan penyakit seperti mual dan sebagainya. Namun bagi sebagian lagi, kopi merupakan minuman nikmat yang dapat dinikmati setiap hari dan juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Di masyarakat sendiri banyak sekali mitos-mitos yang beredar mengenai kopi bagi kesehatan tubuh manusia baik itu yang mitos baik maupun mitos buruk. Lalu bagaimana dengan fakta mengenai kopi di bidang kesehatan? Nah, kali ini ahli tips kesehatan akan membahas mengenai fakta menarik tentang kopi untuk tubuh.
fakta tentang kopi

Fakta Menarik Tentang Kopi Untuk Tubuh

Fakta pertama yang menarik tentang kopi adalah bahwa kopi ternyata baik untuk mencegah berbagai penyakit mematikan yang sulit obatnya seperti 2 jenis diabetes, Parkinson, penyakit liver, penyakit Alzheimer, sakit punggung karena komputer, dan masih banyak yang lainnya. Setidaknya sudah terdapat puluhan penelitian tentang manfaat kopi bagi kesehatan yang menyimpulkan hal ini.

Fakta yang lainnya adalah dengan meminum kopi antara 3 sampai 5 cangkir dalam sehari ternyata dapat menurunkan resiko terkena kalsium arteri coroner. Kalsium arteri koroner atau disingkat CAC merupakan salah satu pemrediksi penyakit jantung di masa mendatang yang hal tersebut masih sangat jarang diteliti pada masa lalu. Fakta ini bukanlah isapan jempol belaka karena ini merupakan hasil studi kepada lebih dari 25 ribu peminum kopi di negara Korea Selatan. Meminum 4 cangkir kopi dalam sehari juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker kulit yang sangat berbahaya yakni melanoma.

Dengan mengonsumsi kopi sebanyak 4 sampai 6 cangkir dalam sehari juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit multiple sclerosis. Berdasarkan fakta ini, peminum kopi selama 5 sampai 10 tahun juga dapat terhindar dari penyakit tersebut. Saat ini, para peneliti sedang mempelajari manfaat kopi terhadap efek cacat jangka panjang karena penyakit MS dan juga prosentase kambuh.

Fakta lainnya yang mungkin sudah banyak ditulis di website atau di buku adalah bahwa kopi dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan Parkinson pada seseorang. Para peneliti percaya bahwa kandungan dalam kopi seperti kafein dan kandungan lainnya sangat berperan dalam pencegahan penyakit Parkinson dan Alzheimer yakni dengan menekan produksi penanda inflamasi di otak.

Namun ada fakta lainnya dari kopi yang ternyata dapat membahayakan yakni pada Ibu Hamil. Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi kopi lebih dari secangkir dalam sehari. Hal ini dikarenakan kopi akan meningkatkan resiko terkena keguguran pada janin. Pada wanita tua, kopi juga dapat mempercepat menopause apabila terlalu banyak meminumnya setiap hari. Selain itu, penderita insomnia dan diabetes akut juga perlu mempertimbangkan apabila ingin meminum kopi karena dapat membahayakan tubuh. Ada baiknya jika ingin mengonsumsi kopi, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang kopi bagi kesehatan. Meminum kopi sebenarnya tidak dilarang dan justru baik bagi kesehatan tubuh. Namun tentunya porsi per hari untuk meminum kopi harus dibatasi misalnya maksimal 5 kali yakni pagi hari sebelum berolahraga, menjelang siang, siang hari, sore hari, dan malam hari. Selain itu, aktifitas harian kita juga sangat mempengaruhi apakah kopi dapat bermanfaat untuk tubuh atau justru dapat berbahaya untuk tubuh. Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga dan imbangi dengan meminum air putih sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga.

Terkait lama Manfaat Lihat Juga

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email