Wednesday, October 21, 2015

Jadwal Pemupukan Kopi dengan Prosedur yang Tepat

Bagaimana prosedur yang tepat dalam pemupukan kopi? Pada dasarnya pemupukan bertujuan untuk meningkatkan kesuburan lahan budidaya sehingga mampu mencukupi kebutuhan unsur hara yang diperlukan tanaman kopi. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kebutuhan pupuk yaitu pengambilan hara oleh kopi dan persediaan kandungan hara di dalam tanah.

Untuk mendukung pertumbuhannya, tanaman kopi mengambil unsur hara dari dalam tanah. Jumlah kebutuhan unsur hara ini berbeda-beda menurut jenis tanaman kopi tersebut. Selanjutnya unsur hara ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan kopi dalam mendukung pertumbuhan vegetatif dan pembentukan buah. Perlu diketahui, persediaan hara di dalam tanah di setiap wilayah mengandung unsur-unsur tertentu dengan kadar yang tidak sama.
cara-pemupukan-kopi.jpg
Kopi

Secara umum pemupukan tanaman kopi bertujuan untuk memperbaiki atau mengembalikan kondisi tanah sehingga ideal bagi kehidupan tanaman kopi. Dalam tahun pertama budidaya , pupuk banyak dimanfaatkan untuk mendukung pertumbuhan kopi secara vegetatif. Pemupukan yang tepat dapat menghasilkan biji kopi yang berukuran lebih besar dengan kualitas tinggi. Jadwal pemupukan yang teratur juga bisa menyetabilkan kembali produktifitas tanaman kopi yang dibudidayakan.

Seperti kita tahu, pemanenan kopi dilakukan sekali dalam setahun yakni pada bulan Juli sampai Oktober. Untuk mempersiapkan masa panen tersebut, sebaiknya tanaman kopi perlu diberikan pupuk sebanyak tiga kali dalam setahun. Hal ini dimaksudkan agar kebutuhan unsur hara tanaman benar-benar tercukupi sehingga hasil panen pun memuaskan.

Pemupukan tahap pertama menggunakan pupuk urea dengan dosis 0,25 kg/tanaman. Pupuk urea ini dikenal bagus untuk memenuhi kebutuhan kopi dalam masa pertumbuhan batang dan daun. Pemberian pupuk dilakukan dengan menggali tanah di sekeliling tanaman terlebih dulu, lalu pupuk ditaburkan di lubang galian tersebut. Dengan metode ini pupuk lebih mudah meresap ke tanah sehingga terserap maksimal oleh akar tanaman kopi.

Pemupukan tahap kedua dilaksanakan pada 4 bulan setelah pemupukan pertama. Adapun pupuk yang digunakan masih sama yaitu urea dengan takaran yang sama pula. Metode pemupukannya juga sama yakni menggali lubang terlebih dahulu di sekeliling batang, kemudian taburkan pupuk secukupnya ke lubang tadi.

Sementara itu, pemupukan ketiga juga dilakukan empat bulan selepas pemupukan kedua. Pada tahap ini, pemupukan bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan buah untuk mendapatkan jumlah dan kualitas yang terbaik. Pupuk yang digunakan berupa campuran pupuk urea dan NPK dengan perbandingan 2:1. Setelah pupuk tercampur merata, pupuk tersebut lantas diaplikasikan pada tanaman-tanaman kopi.

Terkait Budidaya Lihat Juga

Jadwal Pemupukan Kopi dengan Prosedur yang Tepat
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email